Rabu, 17 September 2014

Jombang Kota Beriman


Jombang kota beriman, itulah sebutan untuk kota asal saya. Kota seribu pondok dengan Bapak Drs.Ec.H Nyono W, sebagai bupati dan Ibu Hj Mundjidah Wahab, sebagai wakil bupati. Di Jombang sangat banyak pondok pesantren seperti pondok pesantren Tebuireng yang berada di Jalan Raya Tebuireng Cukir Diwek Jombang. Di pondok pesantren Tebuireng terdapat makam presiden Indonesia yang

ke empat yaitu KH. Abdurrahman Wachid atau Gus Dur. Selain pondok pesantren Tebuireng masih banyak pondok pesantren yang ada di Jombang yaitu pondok pesantren Darul Ulum yang berada di jalan KH. Romli Tanim Rejoso Peterongan Jombang, pondok pesantren Tambakberas yang berada di jalan KH. Wahab Hasbullah Tambakberas Tambakrejo Jombang, dan masih banyak pondok pesantren yang ada di Jombang.
Jombang memiliki sebuah bangunan yang berada di tengah-tengah kota Jombang yaitu Ringin Contong. Sebuah bangunan yang menjadi ciri khas kota Jombang. Selain itu Jombang juga memiliki kebonrojo sebuah tempat yang di dalamnya terdapat orang-orang yang menjual makanan salah satunya makanan khas Jombang yaitu soto dok khas Jombang.
Jombang memiliki sebuah kesenian yang hampir dilupakan oleh masyarakat yaitu Besutan. Sebuah teater tradisional khas Jombang yang menjadi cikal bakal kesenian ludruk. Jombang juga memiliki tempat-tempat wisata yang sangat indah yaitu wisata air sumberboto di kecamatan Mojowarno, gelanggang wisata air atau yang biasa disebut tirta wisata keplaksari, wisata kedung cinet, sumber penganten, dan masih banyak lagi.

Jombang kota beriman, itulah kota asal saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar